Jumat, 15 Januari 2016 - 11:28:02 WIB
PELATIHAN ROBOT INOVATOR GARUT 2015
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pelatihan - Dibaca: 15875 kali

Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah yang konsisten dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam bidang teknologi. Hal ini terlihat dari kegiatan yang telah dilaksanakan dari tahun ketahun oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Garut. Dimulai dari tahun 2014, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut sudah membekali guru dengan pengetahuan teknologi otomasi sederhana namun sangat aplikatif. Tujuan dari pelatihan yang dilakukan sejatinya bukan hanya sekedar mengenalkan teknologi, namun juga melatih daya kreativitas dan inovasi para siswa. Alhasil, pada tahun 2014 para siswa dari berbagai sekolah yang diberikan bantuan perangkat robotik sudah berhasil mencetuskan ide-ide teknologi otomasi yang beragam dan unik. Ide dan kreativitas tersebut telah dilombakan pada tingkat regional Kabupaten Garut. Lomba dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori project competition dan challenge competition. Pada kategori project competition, pemenang pertama dari SD Cikajang 02 membuat otomasi dalam bentuk maket sekolah berbasis otomasi. Selain mendapatkan hadiah uang pembinaan, piagam, piala serta paket robotik pemerintah kabupatan Garut juga memberikan apresiasi dalam bentuk Edutrip ke Singapore. Untuk juara kedua, ketiga, harapan 1, harapan 2, harapan 3 mendapatkan uang pembinaan, piagam, piala dan paket robot.  Pada kategori challenge competition, para juara juga mendapatkan uang pembinaan. Hadiah yang diberikan bertujuan untuk mengapresiasi dan memotivasi para siswa untuk saling berlomba dalam menghadirkan ide kreatif dan inovatif, serta menyukai kegiatan belajar mengajar disekolah.

Pelatihan yang diadakan pada tahun 2015 ini merupakan kesinambungan program pelatihan yang diberikan pada tahun 2014 sehingga pengetahuan mengenai teknologi terus meningkat dan diperbaharui. Pelatihan dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Garut dan diadakan selama satu minggu untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan diikuti oleh ratusan guru. Pada pelaksanaan pelatihan, terlihat para guru sangat antusias dan menikmati proses pembuatan robot. Para Guru mengaku mendapatkan pengetahuan baru mengenai teknologi robotik dan penerapan dari teori-teori pelajaran yang sebagian besar dipelajari disekolah. Pada event ini, sekolah yang mendapatkan bantuan pada tahun 2014 juga diundang sebagai bentuk pertanggunjawaban penyedia dalam memberikan maintenance dan melakukan transfer dan upgrade pengetahuan yang baru.

PT. Duta Multi Robotik (sebagai Pabrikan) bekerjasama dengan PT. Panca Daya Intan Perkasa (distributor Kabupaten Garut) berkomitmen membangun atmosfer kompetisi melalui perlombaan dan melakukan monitoring evaluasi terhadap penggunaan media pembelajaran disekolah. Dengan adanya maintenance yang berkesinambungan diharapkan setiap sekolah dapat menggunakan perangkat robotik dengan maksimal dan tentu saja mencapai tujuan yang diharapkan bersama yaitu berkembangnya daya kreativitas dan inovasi siswa yang kelak berguna bagi masa depan mereka.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)