Jumat, 15 Januari 2016 - 11:49:00 WIB
PELATIHAN ROBOT INOVATOR SUKABUMI 2015
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pelatihan - Dibaca: 7529 kali

Kita semua tentu meyakini bahwa pendidikan yang bermutu pada zaman sekarang menjadi sebuah prioritas utama untuk bisa menyiapkan bibit muda bagi masa depan daerah, bangsa dan negara kita. Demikian halnya pemerintah kota Sukabumi melalui Dinas Pendidikan Kota Sukabumi telah mencanangkan program-progam unggulan yang bertujuan untuk mencapai visi pendidikan yaitu “Terbentuknya Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan Yang Berkarakter dan Berlandaskan Gotong Royong”.

Salah satu misi dalam mewujudkan visi Dinas Pendidikan Kota Sukabumi adalah dengan mewujudkan pembelajaran yang bermutu dan berkarakter. Program konkrit yang sudah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Sukabumi salah satunya dengan melaksanakan pelatihan teknologi otomasi robotika kepada puluhan guru SMA dari berbagai sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Pelatihan diselenggarakan pada tanggal 17-19 Desember 2015 di SMA 3 Kota Sukabumi. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Dinas Pendidikan Kota Sukabumi dan PT.Duta Multi Robotik. Para guru dibekali pengetahuan teknologi otomasi dan robotika aplikatif yang belum pernah didapatkan sebelumnya. Terlihat para guru tidak terlalu kesulitan dalam mengikuti proses, mulai dari merancang, membangun dan memprogram robot. Para guru memang dituntut bisa bekerja sama satu dengan lain, karena memang pada aplikasinya disekolah mereka harus menerapkan prinsip “teamwork” untuk membangkitkan kemampuan bekerjasama dari para siswa. Hal ini bisa mencermikan visi Dinas Pendidikan yang berlandaskan gotong royong. Selain itu, ide dan kreativitas berasal dari pengamatan dilingkungan masing-masing, dengan demikian para siswa mengenali lingkungannya dan memperhatikan apa yang terjadi dilingkungannya. Pengamatan atau ekplorasi lingkungan akan memunculkan ide atau gagasan mengenai sistem otomasi atau robot yang akan dibuat disesuaikan dengan karakter atau kultur daerah tersebut. Mereka juga bisa mengaplikasikan pelajaran-pelajaran yang sudah  didapatkan disekolah, misalnya kaidah matematika, kaidah fisika dan fenomena lingkungan yang ada.

Harapan setelah usai melaksanakan pelatihan sistem otomasi dan robotika (Robot Inovator) yaitu para guru dapat melakukan transfer pengetahuan yang didapatkan, dan mampu membangkitkan semangat para siswa untuk menggali ide kreatif dan inovatif. Pelatihan yang dilaksanakan terbilang singkat ini tentu tidak berakhir begitu saja, akan dilakukan monitoring dan evaluasi ke setiap sekolah yang sudah mendapatkan bantuan robotika. Hal ini dilakukan agar konsep pembelajaran inovatif ini dapat dimaksimalkan disekolah sehingga tercipta lingkungan belajar yang menyenangkan bagi setiap siswa. Untuk menambah antusias para siswa, akan dibuat perlombaan robotik tingkat regional Kota Sukabumi dan lingkup propinsi Jawa Barat sehingga terjadi persaingan dalam meningkatkan ide dan kreativitas teknologi, khususnya sistem otomasi dan robotika.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)